Inilah Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar Dalam Islam


cara mengamalkan ayat seribu dinar via youtube.com

Apakah Anda sudah tahu wacana ayat seribu dinar? Ayat seribu dinar yaitu ayat yang terkenal dalam hal doa rezeki atau doa kekayaan. Lantas, bagaimana cara mengamalkannya? Yuk simak penjelasannya.

Ayat Ath-Thalaq : 2-3 atau yang dikenal oleh sebagian umat Islam sebagai ayat 1000 dinar memang terkandung pelajaran mengenai pentingnya takwa kepada Allah.

Dimana dalam ayat tersebut, tertera kesepakatan Allah sebenarnya Allah akan memperlihatkan jalan keluar dari setiap cobaan, dan kesepakatan sebenarnya Allah akan memperlihatkan rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka, kesemuanya itu ditujukan bagi mereka yang bertakwa kepada Allah.

Baca Juga : Allahumma Yassir Walaa Tu’assir Doa Pendek Tapi Maknanya Sangat Mendalam

Cara Mengamalkan Ayat 1000 Dinar Biar Cepat Kaya

Diantara doa rezeki lancar yang diajarkan para ulama yaitu melalui wasilah ayat seribu (1000) Dinar. Ayat seribu dinar secara tersurat memang secara terang-terangan menceritakan wacana keterkaitan antara rezeki dan dukungan Allah dengan takwa. 

Isi ayat Ath-Thalaq : 2-3 yaitu sebagai berikut :


ilustrasi ayat seribu dinar via abangjal.blogspot.com

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah pasti Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melakukan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Dan diantara sebagian umat Islam tidak sedikit yang memakai ayat ini sebagai wasilah untuk membuka atau menarik rezeki dari segala penjuru.

Caranya dengan membaca ayat 1000 dinar dengan jumlah bilangan tertentu pada waktu tertentu. Untuk hal yang satu ini ada beberapa ulama yang memperlihatkan cara mengamalkan ayat seribu dinar (ayat Ath-Thalaq : 2-3) yang biasanya bertujuan untuk memudahkan datangnya rezeki.

Namun, datangnya cara mengamalkan ayat seribu dinar ini dengan cara membaca sampai bilangan tertentu memang tidak pernah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, maka hal ini menjadi kontroversi di kalangan umat Islam. Ada beberapa ulama yang mengatakan amalan ayat seribu dinar tersebut yaitu bid'ah berdasarkan pemahaman mereka, namun ada beberapa ulama yang membolehkan cara pengamalan tersebut. Perbedaan pandangan ini dikarenakan adanya perbedaan pemahaman mengenai definisi bid'ah itu sendiri.


ilustrasi rezeki via darunnajah.com

Adapun mengenai cara mengamalkan ayat seribu dinar sebagai amalan pembuka pintu rezeki dengan cara membaca ayat tersebut berulang-ulang sampai jumlah bilangan tertentu menyerupai yang diajarkan oleh beberapa ulama.

Berikut beberapa cara mengamalkan ayat seribu dinar yang berasal dari berbagai sumber, bila ada sebagian umat Islam yang ingin mengamalkannya maka hal tersebut kami kembalikan kepada mereka sesuai pemahaman mereka terhadap bid'ah.

Cara Pertama

Bacalah surat Al-Fatihah pada malam pertama dari tiap-tiap bulan kalender Hijriyah (bukan bulan kalender Masehi) sebanyak 1000 kali dan ayat berikut ini :

قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَاء تَكُونُ لَنَا عِيداً لِّأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِّنكَ وَارْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ 

"Isa putera Maryam berdoa: "Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang tiba setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama." (QS Al-Maidah : 114)

Selain ayat di atas, Anda juga sanggup mengamalkan ayat berikut ini :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah pasti Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah pasti Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melakukan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Masing-masing ayat di atas dibaca sebanyak 21 kali, kemudian bacalah asma Allah berikut ini sebanyak 10 kali :

Allaahumma innii as-aluka bismika, yaa razzaaqu yaa fattaahu yaa wahhaabu yaa ghaniyyu yaa mughniyyu yaa baasith.

"Ya Allah, sesungguhnya saya memohon kepada Mu dengan nama Mu, wahai Yang memberi rezeki, wahai Yang membuka, wahai yang memberi karunia, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang mencukupi, wahai Yang membentangkan".

Kemudian berdoalah kepada Allah sesuai dengan hajatnya.

(Cara diatas kami dapatkan dari buku "Doa-Doa Kunci Rezeki" karangan Ustadz Yusuf Mansur & Amir Kumadin, S.Ag) pada pecahan "Cara Mendatangkan Rezeki yang Surprise" Dalam pecahan tersebut Ustad Yusuf Mansur memaparkan ada 5 cara mendatangkan rezeki yang surprise, dan salah satunya yaitu dengan cara di atas.

Cara Kedua

Sahabat Ibnu Abbas ra. pernah berkata,"Siapa yang membaca ayat-ayat ini (Ath-Thalaq : 2-3) di hadapan penguasa penguasa yang ia takuti kezhalimannya, atau ketika terjadi ombak yang ia takut tenggelam, atau ketika berhadapan dengan hewan buas, maka hal itu tidak akan membahayakan sedikitpun"

(Disebutkan As-Suyuthi dalam Kitab Durrul Mantsur)

Di sini dijelaskan bahwa ayat Ath-thalaq sanggup dipakai sebagai wasilah untuk menerima dukungan Allah dikala menghadapi penguasa zholim, atau ketika kita sedang dalam marabahaya.

Cara ketiga

Membaca ayat At-Thalaq 2-3 sebanyak 1000 kali dalam sehari. Caranya sanggup mendawamkan bacaan 1000 kali dalam sekali duduk, atau membaca seusai sholat fardhu 200 kali, jadi dalam 1 hari total jumlah bacaan yaitu 1000 kali. Baca dengan nrimo sambil meresapi maknanya. Setelah itu berdoa kepada Allah sesuai apa yang menjadi hajatnya.

Cara ini lazim diamalkan oleh sebagian mereka yang mengamalkan ayat 1000 dinar. Dari para praktisi spiritual biasanya membuktikan ayat-ayat Al-Qur'an mengandung energi faktual yang sangat dahsyat. Sehingga membaca ayat secara berulang-ulang akan mengakumulasikan energi faktual bagi mereka yang membacanya.

Baca Juga : Kandungan Doa Dalam Surah Al Insyirah, yang Jauh Makara Dekat, yang Sulit Makara Mudah

Demikian beberapa cara mengamalkan ayat seribu dinar yang berasal dari beberapa sumber. Semoga artikel di atas bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan ataupun kesalahan.

Posting Komentar

0 Komentar

close