Pengertian Beriman Kepada Malaikat Beserta Hikmah


pengertian beriman kepada malaikat via qalbu-islam.blogspot.com

Pengertian akidah kepada malaikat ialah salah satu pengertian yang harus diketahui dan dipahami oleh umat islam.  Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat ialah makhluk ghaib, yang asal kejadiannya dari nur (cahaya). Yuk pahami pengertian beriman kepada malaikat serta pesan tersirat dan hukumnya.

Temen-temen yang ingin mendalami akidah kepada malaikat tentu manis tuh demi menerima kesempurnaan Iman Kepada Allah Swt. Allah sudah membuat dan menetapkan segala sesuatu yang harus diimani, salah satunya merupakan Iman Kepada Malaikat Allah.

Oke balik ke pokok utama, temen-temen sedang mencari bahan wacana akidah kepada Malaikat Allah bukan? Sebelum menuju materinya, menyerupai biasa kita ketahui dulu apa aja yang akan dipelajari pada artikel ini :

A. Pengertian Beriman Kepada Malaikat Allah

Tau gak sih bila malaikat itu diciptakan dari Nur atau Cahaya. Malaikat itu Ghaib jadi kita mustahil sanggup untuk melihatnya, namun mereka selalu taat kepada Allah. Tidak menyerupai kita yang diciptakan dari tanah dan melaksanakan banyak kesalahan.

Malaikat memiliki kiprah tertentu yang diperintahkan oleh Allah, mereka selalu melaksanakan tugasnya tanpa kita sadari, Ya alasannya mereka tidak sanggup dilihat maupun dirasakan, namun kita harus tetap percaya mereka ada.

Jadi, pengertian beriman Kepada Malaikat Allah secara Bahasa ialah percaya, sedangkan secara Istilah akidah kepada malaikat adalah

Meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah membuat Malaikat sebagai makhluk ghaib diutus untuk melaksnakan segala perintah-Nya.

Artinya : “(19) Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada memiliki rasa arogan untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. (20) Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

B. Fungsi Beriman Kepada Malaikat Allah

Ada banyak banget fungsi dari beriman kepada malaikat allah, diantaranya :

1. Meningkatkan Ketaatan

Malaikat kan makhluk Allah yang paling taat, dengan beriman insan sanggup mendorong dirinya untuk senantiasa mendekatkan diri dan disiplin kepada Allah SWT.

2. Menjaga Sikap Manusia

Salah satu kiprah Malaikat yaitu mengawasi apa yang insan kerjakan, sehingga insan akan berhati-hati dalam menjalani kehidupan semoga terhindar dari Dosa.

3. Berusaha Meningkatkan Amal Ibadah

Ada Malaikat yang menjaga nirwana dan neraka. Dengan mengingat hal sanggup mendorong insan untuk meningkatkan amal ibadahnya supaya tidak masuk neraka.

4. Menerima Rezeki yang Sudah Diberikan

Dengan beriman, kita sanggup tulus dan merasa bersyukur degan apa yang sudah diberikan atau kita berikan kepada orang lain alasannya amal kita akan dicatat oleh Malaikat.

5. Meningkatkan Kesabaran

Iman kan percaya tuh, nah ketika kita sudah melaksanakan banyak sekali perjuangan namun belum kelihatan karenanya kita harus percaya dengan Allah bahwa kerja keras kita akan terbayar.

C. Hikmah Beriman Kepada Malaikat Allah

  • Semakin meyakini wacana kebesaran Allah SWT. 
  • Bersyukur kepada Allah SWT, dikarenakan telah membuat malaikat untuk membantu segala kehidupan dan kepentingan manusia.
  • Cinta kepada Malaikat alasannya kedekatan ibadahnya kepada Allah, dan alasannya mereka selalu membantu dan selalu mendoakan kita.
  • Bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT serta berlomba-lomba dalam kebaikan.
  • Meningkatkan keimanan untuk mengikuti sifat dan perbuatan Malaikat.
  • Selalu berfikir dan berhati-hati setiap melaksanakan suatu perbuatan, alasannya perbuatan yang baik maupun yang jelek akan selalu dipertanggungjawabkan di alam abadi kelak.
  • Meningkatkan keimanan insan kepada Allah, mengingat Malaikat merupakan salah satu ciptaan-Nya
  • Membentuk jiwa seorang muslim yang benar-benar bertakwa kepada Allah, alasannya akidah kepada Allah dan akidah kepada Malaikat merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan
  • Mendorong insan untuk senantiasa bertindak hati-hati, alasannya beliau menyadari bahwa setiap perbuatannya selalu diawasi oleh para Malaikat
  • Mendorong insan untuk selalu meningkatkan amal baik, alasannya insan menyadari bahwa sekecil apapun tindakan baiknya akan dicatat oleh Malaikat.

D. Hukum Beriman kepada Malaikat

Beriman atau meyakini kepada Malaikat, hukumnya fardu 'ain. Ini merupakan salah satu akidah nomor 2. Hal ini didasarkan dari beberapa sumber Al Qur'an dan Hadits sebagai berikut.

1. Q.S. Al Baqarah (2) : 285

yang artinya/terjemahannya :
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, dan rasul-rasulNya. (Mereka berkata), "Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasulNya." Dan mereka berkata, "Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepadaMu daerah (kami) kembali."

2. Q.S. An-Nisa' (4) : 136

yang artinya/terjemahannya :
Wahai orang-orang yang beriman!  Tetaplah beriman kepada Allah dan RasulNya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al Qur'an) yang diturunkan kepada RasulNya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya, rasul-rasulNya dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

3. H.R. Imam Muslim

Hadits Riwayat Abu Hurairah ra, ia berkata : Rasulullah bersabda : "Allah membuat Adam dalam bentuknya setinggi enam puluh hasta. Setelah menciptakannya, Allah berkata : Pergilah dan ucapkanlah salam kepada kelompok itu, yaitu beberapa malaikat yang sedang duduk, dan dengarkanlah apakah balasan mereka alasannya itulah ucapan selamat untukmu dan keturunanmu. Maka Adam pergi menghampiri kemudian mengucapkan : "Semoga Keselamatan Menyertai Kalian". Mereka menjawab : "Semoga Keselamatan dan Rahmat Allah Menyertai Kalian". Mereka menambahkan "Rahmat Allah". Maka setiap orang yang memasuki nirwana itu menyerupai bentuk Adam yang tingginya enam puluh hasta. Seluruh makhluk sehabis Adam terus berkurang tingginya hingga sekarang

Nah, demikianlah artikel yang menjelaskan wacana pengertian beriman kepada malaikat, mudah-mudahan adanya ini sanggup bermanfaat dan juga sanggup menambah keimanan kita semoga kita sanggup lebih taat lagi kepada ALLAH SWT dan juga menjauhi segala larangan-larangannya.

Posting Komentar

0 Komentar

close