Cara Menciptakan Surat Lamaran Kerja Yang Formal Tapi Tetap Menarik



Surat lamaran via suaramerdeka.com

Ketika kita sedang mencari pekerjaan, tentu saja yang perlu dibentuk ketika melamar kerja yaitu surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini sangat penting bagi kita. Oleh alasannya yaitu itu, kita harus mengetahui bagaimana cara menciptakan surat lamaran kerja yang menari perhatian perusahaan yang kita lamar.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja Guru yang Benar dan Menarik

Membuat surat lamaran yang bsia menarik perhatian bos perusahaan niscaya bisa memperbesar peluang kita untuk bekerja ditempat tersebut. Nah, kini kami akan memperlihatkan cara menciptakan surat lamaran kerja dan syarat yang harus kita lakukan dalam menciptakan surat lamaran kerja.

Surat Lamaran Pekerjaan

Ketika kita akan melamar pekerjaan kita selalu menciptakan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Sebelum kita menciptakan surat lamaran tersebut, kita harus mengetahui cara menciptakan surat lamaran kerja biar menarik dan cara menciptakan surat lamaran kerja yang baik dan benar secara formal, biar peluang diterima dipekerjaan tersebut semakin besar. Ikuti terlebih dahulu tips berikut:
  1. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan biar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
  2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Gunakanlah kata-kata yang gampang dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  5. Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.
  7. Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan goresan pena tangan, pastikan goresan pena Anda sanggup terbaca. Hindari memakai goresan pena tegak bersambung. Alasi tangan Anda memakai tisu ketika menulis biar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.
Setelah kita mengetahui tips-tips menulis surat lamaran kerja biar peluang diterima lebih besar, simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.


Membuat surat via initu.id

Cara menulis surat lamaran kerja

Langkah-langkah menciptakan surat lamaran kerja :

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar / pembukaan
Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau sobat Anda.

5. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jikalau dalam perusahaan tersebut membutuhkan aneka macam karyawan baru.

6. Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, kawasan dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

7. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, goresan pena pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

8. Penutup
Dalam epilog ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda memiliki harapan berpengaruh biar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

9. Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk mendapatkan Anda, lampirkan juga hal-hal yang sanggup menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran yaitu :
  1. Pas foto (foto terbaru)
  2. Fotokopi KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Fotokopi ijazah terakhir
  5. Fotokopi akta kompetensi (kursus atau training yang pernah Anda ikuti)

10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda).

Itulah tips dan cara menciptakan surat lamaran kerja formal, menarik, baik dan benar. Lalu perhatikan mengenai syarat dan cara menciptakan surat lamaran kerja. Penting bagi kita untuk memperhatikan syarat untuk menciptakan surat lamaran kerja ini, apa saja syarat yang dibutuhkan?

Syarat Membuat Surat Lamaran Kerja

Dibutuhkan beberapa langkah yang sanggup mempermudah kita didalam proses melamar pekerjaan, setidaknya kita memahami serta punya kelengkapan pendukung lamaran kerja standar yang perlu dipenuhi salah satunya yaitu syarat menciptakan surat lamaran kerja.

1. Surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup (curriculum vitae)
Buatlah surat lamaran yang memenuhi bersama bidang pekerjaan yang dituju, dengan kata-kata yang baik dan memanfaatkan susunan bahasa formal, tidak rumit dan jelas.

2. fotocopy Ijazah/sertifikat yang dilegalisir.
Mempersiapkan fotocopy ijazah atau akta keahlian yang udah dilegalisir lengkap bersama dengan transkrip nilainya, perihal ini sebagai penunjang dari Curriculum Vitae yang kita isi.

3. Fotokopy KTP
Fotocopy secukupnya untuk proses lamaran pekerjaan. Hendaknya alamat yang tertulis terhadap surat lamaran pekerjaan maupun CV cocok bersama dengan alamat yang dicantumkan didalam KTP.

4. Pasfoto
Sebaiknya disiapkan pasfoto dengan ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6cm, usahakan pada ketika foto memakai jas dan dasi bagi pria dan blazer untuk wanita, kemudian latar belakang yang umum biasanya berwarna merah atau biru.

5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Salah satu dokumen yang dibutuhkan didalam proses melamar lamaran pekerjaan yaitu SKCK, untuk itu lengkapi juga fotokopi SKCK yang sudah dilegalisir dikarenakan biasanya masa berlaku SKCK yaitu 6 bulan.

6. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
Meski biasanya kriteria ini gres disempurnakan sesudah lulus terhadap langkah awal proses rekrutmen tetapi tidak ada salahnya sekiranya Anda udah mempersiapkannya, dan siapa tahu ada instansi/perusahaan yang mempersyaratkan Surat Keterangan Berbadan Sehat ini.

7.Kartu Kuning (AK-1) Kemenakertrans
Kartu kuning (AK-1) yang dikeluarkan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini biasanya harus dimiliki pelamar kerja khususnya di Instansi Pemerintah. Kartu kuning ini berfungsi untuk tahu data kuantitas tenaga kerja di Indonesia.


Lamaran kerja via carauntukmembuat.com

Setelah kita mengetahui syarat dan cara menciptakan surat lamaran kerja diatas, akan lebih baik lagi jikalau kita juga mengetahui cara menciptakan surat lamaran kerja riwayat hidup untuk memperlengkap surat lamaran kerja kita. Dibawah ini yaitu caranya:

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup juga sangat dibutuhkan dalam melamar pekerjaan untuk mengetahui bagaimana kehidupan kita, untuk itu kita harus menciptakan daftar riwayat hidup yang menarik.

1. JUDUL SURAT
Selalu pastikan bahwa yang tertulis di bab paling atas yaitu Curriculum Vitae atau DAFTAR RIWAYAT HIDUP. Hal ini dijadikan sebagai penanda surat tersebut sebagai apa.

2. DATA PRIBADI
Jelaskan secara singkat dan detail mengenai wacana hal berikut ini:
  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal lahir
  • Domisili
  • Jenis Kelamin
  • Agama
  • Status
  • Tinggi dan Berat Badan (OpSional)
  • No telepon/handphone
  • Alamat Email

3. RIWAYAT PENDIDIKAN
Riwayat Pendidikan Formal dimulai dari pendidikan awal sampai pendidikan terakhir.
Non Formal, mencakup kursus, training keterampilan, workshop, sertifikasi dsb.

4. KEMAMPUAN
Anda bisa sebutkan kemampuan apa saja yang dikuasai, bisa dari segi bahasa, keterampilan pengoperasian komputer. Apapun itu yang bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang Anda lamar.

5. PENGALAMAN KERJA
Sebutkan di bab ini semua pengalaman kerja yang pernah Anda jalani, mulai dari yang paling usang ke yang terbaru. Namun, jikalau Anda fresh graduate bab ini bisa dikosongkan saja.

6. PENUTUP
Ucapan penutupan surat beserta tanda tangan dan nama jelas.

Itulah pembahasan mengenai cara menciptakan surat lamaran kerja beserta syarat yang kita butuhkan dalam menciptakan surat lamaran kerja ini, demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Posting Komentar

0 Komentar

close