Berbudidaya Sukses Lewat Lobster Air Tawar, Omsetnya Hingga Rambah Seluruh Dunia


lobster air tawar via ternakku.net

Pernah dengar info ekspor ilegal anak lobster? Kenapa hingga demikian? Ya, lantaran bisnis ini begitu menggiurkan.

Pasar lobster air tawar 2018 memiliki nilai jual lobster yang kian naik serta seruan di pasaraan yang tiap hari bertambah. Mengenai harga lobster, lobster mempunyai harga yang bergam harga tersebut menurut jenis dan ukuran lobster tersebut.

Tahun 2018, harga lobster mengalami kenaikan sedikit faktor yang mempengaruhi kenaikan tersebut yaitu keadaan ekonomi serta cuaca yang terbilang sulit di tebak.

Harga lobster air tawar tahun 2018 yaitu Rp. 135.000 per kilo. Harga tersebut mungkin sanggup berubah di setiap daerah, lantaran di setiap tempat mempunyai contoh harga tersendiri.

Apakah lobster air tawar sanggup dimakan? Meskipun lobster air tawar yaitu udang hias, ia tetap sanggup dikonsumsi sebagaimana halnya udang biasa. Namun budidaya lobster air tawar untuk udang konsumsi, terperinci tidak efisien, dibanding dengan udang air tawar, atau udang galah.

Hukum asal semua binatang maritim yaitu halal. Sebagaimana firman Allah,

أُحِلَّ لَكُمْ صَيْدُ الْبَحْرِ وَطَعَامُهُ مَتَاعًا لَكُمْ وَلِلسَّيَّارَةِ

“Dihalalkan bagi kalian untuk memburu binatang maritim (ketika ihram) dan bangkai hewannya, sebagai kenikmatan bagi kalian dan sebagai (bekal) bagi para musafir…” (QS. Al-Maidah [5] Ayat 96)

Sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَا أَحَلَّ اللهُ فِيْ كِتَابِهِ فَهُوَ حَلاَلٌ وَمَا حَرَّمَ فَهُوَ حَرَامٌ وَمَا سَكَتَ عَنْهُ فَهُوَ عَفْوٌ فَاقْبَلُوْا مِنَ اللهِ عَافِيَتَهُ { وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا )

“Semua yang Allah halalkan di dalam Al-Qur`an, maka ia halal. Dan yang diharamkan, maka ia haram. Dan yang didiamkan, maka itu tidak ada hukumnya (boleh). Terimalah dari Allah kemudahan-Nya.” (Allah berfirman: [Rabbmu tidak pernah lupa]). (HR Ad-Daraquthni dalam Sunan-nya (2/137/12), dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albâni dalam Silsilah Ash- Shahihah, no. 2256)

Artinya, kepiting disembelih di tempat mana pun yang menciptakan ia mati, tetap membuatnya halal. (Al Mausu’ah Al Fiqhiyah, 2/1601, Multaqo Ahlul Hadits)

Lobster air tawar halal atau haram? Berdasarkan keterangan di atas maka makan udang, kepiting, semuanya yaitu halal dan tidak ada halangan, menurut keumuman dalil yang memperlihatkan bolehkan makan binatang buruan laut. Namun kalau hewannya beracun atau sanggup membahayakan bagi orang yang mengkonsumsinya maka hukumnya haram, lantaran makan binatang ini berbahaya bukan lantaran haram zatnya.

Baca Juga : Trik Cepat Sukses Budidaya Burung Lovebird

Budidaya Lobster Air Tawar Rumahan

ilustrasi lobster air tawar via anekapeliharaanhias.blogspot.com

Tingginya seruan lobster dari pengusaha-pengusaha rumah makan, baik dalam maupun luar negeri tidak sebanding dengan ketersediaannya di tempat-tempat pembudidayaan, sehingga para peternak lobster mempunyai daya tawar yang tinggi untuk menjual lobsternya. Lantas, bagaimanakah cara budidaya lobster air tawar rumahan?

1. Mengenal Lobster Air Tawar
Lobster merupakan binatang air yang termasuk ke dalam keluarga Nephropidae atau udang dengan ciri badan beruas-ruas dan adanya capit besar yang bergerigi tajam. Lobster air tawar sanggup dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu Red Claw, Yabby, Red Swamp Crayfish, Black Tiger, Marron, dan masih banyak lagi.

Secara sederhana, siklus hidup lobster terurut mulai dari telur, larva, lobster kecil, dan lobster dewasa. Dalam pertumbuhannya tersebut, lobster sering berganti kulit. Segala jenis lobster termasuk binatang kanibal, jadi harus pintar-pintar dalam menyeleksi dan menempatkan lobster sesuai dengan umur dan ukurannya.

2. Menyiapkan Media dan Peralatan yang Diperlukan
Untuk memulai perjuangan pembudidayaan udang lobster, media berupa kolam sangat diperlukan. Dalam skala rumahan, luas kolam lobster sanggup dibentuk berukuran 2mx3m dengan ketinggian/kedalaman 1,5-2 meter. Sebaiknya kolam dibentuk permanen dengan lapisan semen biar tidak bocor. Namun kalau dana kurang mencukupi, anda sanggup memakai media terpal. Jumlah kolam yang dibentuk minimal 2 petak untuk memisahkan anakan lobster dengan induknya.

Jika media pemeliharaan (kolam) telah final dibuat, maka selanjutnya yaitu mengisi kolam kolam tersebut dengan air biasa. Hindari mengisi kolam dengan air secara penuh, lantaran dikhawatirkan lobster sanggup kabur. Setelah kolam diisi air, maka tambahkan beberapa tumbuhan air menyerupai eceng gondok. Bila modal mencukupi pasang juga instalasi aerator (gelembung udara) yang mempunyai kegunaan untuk suplay oksigen.

Setelah didiamkan selama 5-7 hari, maka pasangan-pasangan induk lobster (jantan-betina) siap dipindahkan ke dalam kolam untuk memulai kehidupan di habitatnya yang baru.

3. Melakukan Kegiatan Pemeliharaan
Beternak lobster bergotong-royong tidak memerlukan perawatan yang rumit. Apa saja kuliner lobster air tawar? Lobster air tawar merupakan pemakan segala atau yang biasa dikenal dengan binatang omnivora yaitu sanggup makan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Yang sanggup kita berikan diantaranya, toge, sawi, wortel, kangkung, singkong, enceng gondok, plankton, dan jentik nyamuk.

Pergantian air biasanya dilakukan 2 ahad sekali. Jika pasokan makanannya kurang, Lobster sanggup bersifat kanibal (pemakan sejenis), terutama species yang lebih muda atau sedang berganti kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, anda sanggup memasukkan beberapa serpihan pipa paralon dengan banyak sekali ukuran ke dalam kolam pemeliharaan. Ketika lobster yang lebih kecil diserang oleh lobster yang besar, maka ia sanggup bersembunyi ke dalam pipa paralon yang sesuai ukuran tubuhnya.

Lalu, berapa usang penetasan telur lobster air tawar? Penetasan telur lobster air tawar biasanya terjadi sesudah kurang lebih dua minggu, maka si telur pun siap untuk menetas.

4. Panen Lobster dan Cara Pemasaran
Berapa usang pembesaran lobster air tawar? Panen lobster air tawar sanggup dilakukan sesudah berumur 7 bulanan. Untuk mengambil lobster yang telah siap panen (dikonsumsi) biasanya dilakukan pada sore hari. Dalam budidaya pembesaran lobster air tawar, teknik penangkapan sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara, di antaranya dengan cara manual, flow trapping, atau memakai perangkap tikus. Untuk memudahkan penangkapan, air kolam dikeluarkan hingga bersisa sedikit.

Perihal pemasaran bergotong-royong tidak terlalu sulit, mengingat lobster merupakan materi masakan yang sangat difavoritkan. Anda sanggup mengatakan ke pengusaha-pengusaha restaurant, hotel, atau ke supermarket. Dengan harga jual yang lumayan, tentu perjuangan budidaya lobster air tawar menjadi salah satu alternatif perjuangan yang potensial menambah income keuangan anda.

Banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa lobster air tawar mati? Lobster air tawar yang ditemukan mati baik di akuarium atau di kolam pemeliharaan biasanya disebaban oleh beberapa faktor, diantaranya air yang mengandung materi kimia, air dengan kandungan oksigen yang rendah, perubahan suhu air secara drastis, dan perkelahian antar lobster.

Baca Juga : Berbagai Cara Praktis Budidaya Tomat Agar Cepat Berbuah dan Lebat

Demikian klarifikasi tentang budidaya lobster air tawar rumahan yang sanggup kami bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar

close