Memang Lucu, Tapi Candaan Hey Tayo Tidak Boleh Dalam Islam

Ilustrasi Tayo from ucnews.com

Hayo siapa yang sering mainan kata "hey tayo".

Ternyata hal ini tidak boleh lho dalam Islam

Pernah dengar seseorang memanggil kita dengan "hey" dan dikala kita menoleh ternyata itu hanya candaan dengan di sambung "Hey Tayo",

Seperti dilansir picdeer.com (10/11/2018), bagaimana perasaan sobat - sobat dikala ada orang lain yang bercanda di tengah keramaian dengan memanggil menyerupai hey tayo tersebut.

Baca Juga :

Memang maksud hati hanya bercanda namun hal tersebut cukup menciptakan aib orang dibercandakan tersebut. Bukan kah rasululullah melarang kita bercanda dengan cara menyerupai ini?

Sebagaimana diriwayatkan dari Bahz Bin Hakim, ia berkata bahwa ayahnya , Hakim telah menceritakan bahwa ia pernah mendengar rasulullulah shallallahu'alahi wa sallam bersabda,

"Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya alasannya yakni ingin menciptakan suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia." (HR.Abu Daud no.4990)

Seperti yang dilansir oleh ucnews.com, selain akan dicap sebagai pendusta dikalangan manusia, juga Allah akan mencatatnya sebagai pendusta.

Sebagaimana dari 'Abdullah bin Mas'ud Radhiyallahuanhu, ia berkata:

"Rasullullah shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, 'hendaklah kalian selalu berlaku jujur, alasannya yakni kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke surga. dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap menentukan jujur, maka akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan jauhi lah dari kalian berbuat dusta, alasannya yakni dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke neraka, Dan kalau seseorang senantiasa berdusta dan menentukan kedustaan maka akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta (pembohong)." (Bukhari (no.6094) dan dalam kitab al-adabul mufrad (no.386); Muslim no.2607 (105))

Bagaimana berdasarkan kau sehabis baca hadist ini ? masih ingin lakukan ?

Posting Komentar

0 Komentar

close