Belajar Dari Sakit Kanker Nasofaring Ustadz Arifin Ilham, Hati-Hati Mengkonsumsi Ikan Ini


Foto kolase/grid.id

Terkuak...

Kanker Nasofaring menyerupai yang diderita Ustadz Arifin Ilham ternyata sanggup diakibatkan alasannya ialah kebiasaan konsumsi ikan ini...

Hati-hati, jangan hingga Anda juga menjadi korban!!

Kamis (10/1/2019), Ustadz Arifin Ilham meninggalkan RSCM sekitar pukul 05.16 WIB. Saat dibawa keluar rumah sakit, ia terlihat berbaring di bed hospital (ranjang khusus pasien).

"Beliau (Arifin Ilham) mau dibawa ke Penang, berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma," kata salah satu pengurus Yayasan Az-Zikra yang enggan menyebutkan namanya, ketika ditemui di RSCM.

Dikutip dari detik.com, sebelumnya, Penasihat dan Dewan Syariah Az-Zikra, KH Abah Raodl Bahar Bakry menyebut kondisi Ustadz Arifin Ilham sudah membaik.

Meski demikian, ia bakal di rujuk ke rumah sakit di Penang supaya menerima penanganan yang lebih insentif.

"Alhamdulillah sudah membaik. Besok mau dibawa ke Penang untuk intensif lagi pemeliharaan dan pengobatan beliau. Kalau melihat kondisi yang gres saja saya lihat, alhamdulillah ia jauh lebih baik ketimbang kemarin," ujar Bakry sehabis menjenguk Arifin Ilham di RSCM Kencana, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Belum diketahui apa penyakit yang diderita Ustad Arifin Ilham hingga menyebabkannya diopname di rumah sakit. Namun tamat Desember lalu, Ustad Arifin Ilham mengaku sempat mengidap penyakit kanker nasofaring dan getah bening.

Ustadz Arifin sempat menyatakan dirinya sudah sembuh dari kanker. Sayang, beberapa hari terakhir ini, Arifin Ilham pun harus terbaring di rumah sakit.

Kanker Nasofaring, Penyebabnya Bisa Karena Ikan Asin


Foto ikan asin dilansir dari kabariku.com

Lo kok bisa?

Kanker nasofaring ialah kanker yang menyerang belahan rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut.

Dilansir dari Tribunnews.com, dokter seorang hebat Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) RS Cipto Mangunkusumo Kencana, dr Fikry Hamdan Yasin, menyebutkan tanda-tanda yang awal yang terjadi pada pengidap kanker ini ialah hidung kerap terasa tersumbat.

Selain itu tanda-tanda awal kanker nasofaring ialah hidung mengeluarkan darah atau mimisan yang intensif alias terus berulang dan indera pendengaran terus berdengung.

(Gejala yang paling gampang terlihat) hidung tersumbat atau mimisan berulang. Telinga rasa tersumbat atau berdengung terus menerus,” tutur dr Fikry Hamdan Yasin kepada Tribunnews.com, Rabu (9/1/2019).

Baca Juga: Meski Dikatakan Sudah Membaik, Ini Alasan Ustadz Arifin Ilham Dipindah ke RS Malaysia


Mengonsumsi banyak ikan asin sanggup menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya kanker nasofaring atau karsinoma nasofaring.

Salah satu zat yang terkandung dalam ikan asin yang disebut nitrosamin sanggup menjadi faktor pemicu timbulnya kanker nasofaring.

Hal ini diungkapkan oleh pakar karsinoma nasofaring Dr. dr. Farhat, M.Ked Sp. THT.KL.

Faktor makanan tadi diulas itu ikan asin. Ikan asin itu ada zat namanya Nitrosamin. Tapi bukan di ikan asin saja, pada daging yang diasapkan, itu juga tinggi nitrosaminnya. Kaprikornus itu juga bahaya,” terangnya.

Fakta ini masih jarang diketahui, oleh alasannya ialah itu Anda perlu hati-hati lagi supaya tak menjadi korban!

Posting Komentar

0 Komentar

close