Mengisi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis Di Ard Madrasah

Artikel mengisi tanggal lahir Ayah dan Ibu secara otomatis di Aplikasi ARD ini merupakan tutorial cara mengisikan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali Siswa dalam template excel data siswa Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD Madrasah). Cara mengisi secara mudah, cepat, dan otomatis dengan memakai fungsi MID di excel.

Berdasar edaran ihwal ARD Madrasah, pendataan telah dimulai meski aplikasi online terbaru Kemenag ini masih banyak yang belum sanggup diakses. Meski demikian kita sanggup mulai menyicil mempersiapkan data siswa dan data guru melalui template data siswa dan template data guru, sesuai dengan Panduan Mengerjakan Aplikasi ARD Madrasah. Sehingga dikala ARD Madrasah sudah sanggup diakses kita tinggal mengunggah kedua template tersebut.

Dalam pengisian template guru maupun siswa milik ARD Madrasah, sanggup melaksanakan copy paste dari form template emis. Pun untuk kolom NIP bagi guru swasta dan kolom NISN bagi siswa yang belum mempunyai NISN.

Jika harus mengisikan tanggal lahir secara manual, mengetik satu persatu, tentu akan sangat melelahkan dan lama. Apalagi mengetik angka sering kali membutuhkan kejelian yang lebih dari pada mengetik huruf.

Artikel mengisi tanggal lahir Ayah dan Ibu secara otomatis di Aplikasi ARD ini merupakan t Mengisi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis di ARD Madrasah

Karena itu memperlihatkan solusi cara mengisi tanggal lahir secara otomatis. Penulisan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali secara otomatis memanfaatkan data dari NIK yang dimiliki oleh form emis. Caranya dengan memanfaatkan fungsi "MID" yang ada di excel.

Dengan cara ini, mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali akan lebih mudah, cepat, dan akurat. Meski untuk keakuratannya tetap tergantung seberapa akurat data NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sebelumnya dientri ke form emis.

Baca: 10 Hal yang Harus Dikerjakan Operator ARD Madrasah

Mari kita ulas cara menulis tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali serta NIP dan NISN satu persatu.

1. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ayah di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Mengisikan tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali di template ARD Madrasah secara otomatis sangat gampang dilakukan bagi operator yang ahli aplikasi Microsoft Office. Namun sebaliknya jadi hal yang menyulitkan bagi yang tidak mengetahuinya.

Yang perlu diketahui, dalam NIK terkandung tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Tanggal lahir terdapat pada digit ke-7 dan 8, sedang bulan lahir pada digit ke-9 dan 10 dan tahun kelahiran tertera pada digit ke-11 dan 12. Khusus untuk perempuan, tanggal lahir dijumlahkan dengan angka 40. Digit-gidit inilah yang nanti kita ambil dengan memakai fungsi (rumus) excel sehingga menjadi tanggal kelahiran yang utuh.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  1. Buka form emis siswa
  2. Copy data pada kolom Nama Ayah dan NIK Ayah
  3. Buka lembar kerja gres excel
  4. Pastekan copyan tadi ke lembar kerja baru. contohnya pada cel B2 sehingga kolom B berisikan nama Ayah dan kolom C berisikan NIK
  5. Klik pada cell D2 dan tuliskan formula =MID(C2;7;2)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)
  6. Klik Enter
  7. Jika formula ditolak dan tanda titik koma (;) diblok, silakan ganti titik koma dengan koma (,)
  8. Setelah berhasil, tanggal lahir muncul, drag dari pojok kanan bawah cell ke bawah untuk menyalin formula sampai ke baris data terakhir.
  9. Dan hasilnya semua Ayah mempunyai tanggal lahir tanpa harus kita ketik satu persatu.
  10. Blok mula data nama, NIK, dan tanggal lahir, copy kemudian pastekan ke template ARD Madrasah.
Keterangan:
  • MID yaitu perintah untuk mengambil karakter tertentu mulai dari posisi yang ditentukan
  • C2 yaitu cell dari yang diambil datanya. Dalam perkara ini yaitu NIK
  • 7, 9, dan 11 yaitu posisi karakter awal yang diambil. Ingat digit 7 - 8 yaitu tanggal lahir, 9 - 10 yaitu bulan lahir, dan 11 - 12 yaitu tahun kelahiran.
  • 2 yaitu banyaknya karakter yang diambil dimulai dari posisi yang ditentukan. "7;2" berarti dua karakter mulai dari karakter ke-7.
  • & berfungsi untuk mengabung dua data
  • "/" yaitu untuk menambahkan karakter garis miring sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan tahun kelahiran. Jika pemisahnya tanda strip cukup mengganti tanda garis miring dengn simbol strip (-)
  • "/19" berfungsi untuk menambahkan karakter /19 pada tahun kelahiran, dimana pada NIK hanya ditampilkan dua digit tahun terakhir padahal dalam isian ARD Madrasah membutuhkan tahun dalam empat digit.
Lebih jelasnya simak video tutorial berikut ini.


Dalam video tutorial terdapat kesalahan kecil ihwal rumus, yaitu kurang penambahan "19" sehingga tahun lahir yang dihasilkan hanya terdiri dua digit saja. Kesalahan tersebut sudah dikoreksi dalam diskripsi video.

2. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ibu di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Pengisian tanggal lahir bagi Ibu di template ARD Madrasah hampir sama dengan cara menulis tanggal lahir Ayah. Tetapi khusus untuk tanggal lahir Ibu ada sedikit modifikasi. 

Modifikasi ini diharapkan alasannya yaitu digit ke-7 dan 8 (tanggal lahir) di NIK bagi yang berjenis kelamin wanita ada perlakuan khusus yaitu ditambahkan dengan angka 40. Untuk itu formula yang dipakai harus dimodifikasi menjadi: =(MID(C2;7;2)-40)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)

Untuk selanjutnya insaallah akan dibahas cara penulisan NIP bagi guru non PNS dan NISN bagi siswa yang tidak mempunyai secara otomatis pada template siswa dan template guru ARD Madrasah. 

Dengan memakai cara cepat mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali ini template siswa ARD Madrasah akan lebih cepat dan gampang diisi. Di samping itu hasilnyapun jauh lebih akurat ketimbang mengisinya dengan mengetikkan eksklusif satu persatu. So, agar cara mengisi tanggal lahir Ayah, Ibu, dan Wali secara otomatis di ARD Madrasah ini sanggup memperingan kerja operator madrasah yang sudah sangat berat dengan banyak sekali aplikasi yang harus ditangani.

Posting Komentar

0 Komentar

close