Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha Beserta Artinya

Doa Niat Mandi Hari Raya- Semua umat Islam di seluruh Dunia niscaya bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. dan pada pagi harinya kita sebagai umat islam menjalankan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.
 Semua umat Islam di seluruh Dunia niscaya bersuka cita menyambut datangnya hari raya Idul F Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri Dan Idul Adha Beserta Artinya

Sebelum melakukan sholat tersebut kita di anjurkan untuk mandi. yaitu mandi sunah sebelum melakukan sholat idul fitri dan idul adha. berikut ini merupakan hadist wacana proposal mandi sebelum melakukan sholat hari raya.

عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ
Artinya :
"Dari Fakih bin Sa'ad, Bahwa sanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji." ( H.R Abdullah bin Ahmad )

Dari hadist diatas diterangkan bahwa Rasulullah saw, Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari raya Idul Fitri dan Pada hari raya Idul Adha. dan berikut ini merupakan hadist lain yang artinya: Dari Ali bin Abi Thalib, "Seseorang pernah bertanya pada Ali radhiyallahu 'anhu mengenai mandi. Ali menjawab, "Mandilah setiap hari jikalau kau mau." Orang tadi berkata, "Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?" Ali menjawab, "Mandi pada hari Jum'at, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri."

(HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani menyampaikan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa: 1/177)

Dari kedua hadist diatas sudah dijelaskan. bahwa sebelum melakukan sholat dua hari raya ialah sunah dan dianjurkan oleh rasulullah Saw, baik itu hari raya idul Fitri maupun hari raya idul Adha. dan untuk bacaan niat atau doanya ialah sebagai berikut.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil fithri sunnatan lillaahi ta'alaa

Artinya :
"Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah sebab Allah Ta'ala"

Lafadz niat diatas, dibaca dikala hendak mandi sebelum melakukan sholat idul Fitri untuk Niat mandi sebelum melakukan sholat Idul Adha ialah sebagai berikut

Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi 'iiedil adhaa sunnatan lillaahi ta'alaa

Artinya :
"Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah sebab Allah Ta'ala"

Baca juga : Doa niat mandi hari jum'at lengkap dengan artinya

Demikianlah mengenai niat mandi sebelum melakukan sholat idul Fitri dan idul Adha beserta latin dan terjemahnya. Jangan lupa sebelum kita melakukan sholat idul fitri dan idul adha disunnahkan untuk mandi dan membaca niat mandi pada hari raya diatas. tinggal diubahsuaikan dengan hari raya idul fitri atau hari raya idul adha.

Posting Komentar

0 Komentar

close