Bacaan Niat Sholat Jumat Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Niat Sholat Jum'at- Shalat Jum'at yaitu shalat dua raka'at dihari jum'at yang dikerjakan secara berjamaah sedikitnya 40 orang. Menurut pendapat imam Syafi'i, waktu mengerjakan sholat jum'at sesudah matahari tergelincir ke barat atau kira-kira pada jam 12.05 siang. Dan dikerjakan sesudah khutbah.

Adapun sholat jum'at itu sebagai pengganti dari sholat Dhuhur, alasannya ialah barangsiapa yang mengerjakan shalat Jum'at maka ia tidak diwajibkan sholat dhuhur lagi. Sedangkan aturan shalat Jum'at ialah fadhu 'Ain atau diwajibkan bagi setiap pria yang yang sudah baligh (dewasa), yang sehat dan bukan musafir. Tetapi tidak wajib bagi anak kecil, wanita, budak, orang sakit dan orang gila.

Didalam Sholat Jum'at fardhunya ada 3:

1. Harus ada dua khutbah, dan diantara dua khutbah itu harus duduk.
2. Harus dua rakaat
3. Harus berjamaah

at yang dikerjakan secara berjamaah sedikitnya  Bacaan Niat Sholat Jumat Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Bila seseorang hendak pergi mengerjakan sholat jum'at maka disunahkan mandi dan menggunakan pakaian yang bersih, pantas dan dibolehkan menggunakan wewangian jikalau tidak berpuasa. Dan bagi orang yang sholat jum'at disunnahkan mendengarkan khutbah. Dan bila seseorang memasuki masjid ketika sedang ada khutbah kemudian mengerjakan sholat sunnah, maka sholat sunnahnya dipercepat, kemudian duduk mendengarkan khutbah.

Niat Shalat Jum'at


Untuk Niat sholat Jum'at beserta latin dan terjemahnya ialah sebagai berikut:

Niat Sholat Jum'at Sebagai Makmum
اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushollii fardhol jum'ati rak'ataini adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku niat melaksanakan shalat jum'at 2 rakaat sebagai makmum, alasannya ialah Allah Ta'ala"

Baca juga : Niat sholat Tahajud lenkap beserta latin dan terjemahnya

Sedangkan untuk niat sholat jum'at sebagai imam ialah sebagai berikut.

Niat Sholat Jum'at Sebagai Imam
اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli fardhol jum'ati rak'ataini adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

Artinya : "Aku niat melaksanakan shalat jum'at 2 rakaat sebagai imam, alasannya ialah Allah Ta'ala"

Sebagai komplemen bila ada seseorang makmum yang terlambat sholat jum'at, ketika imam sudah mendapat satu rakaat, maka boleh menyusul mengikuti imam. Tetapi bila imam salam, maka ia harus menambah satu rakaat lagi.

Dan jikalau seseorang akan sholat jum'at datangnya terlambat hingga imam sudah sujud terakhir (pada rakaat kedua), maka sanggup pula menyusulnya, tetapi sesudah imam selesai shalat, maka ia harus bangkit untuk memulai sholat dhuhur yaitu empat rakaat, tanpa niat shalat dhuhur. maka yang demikian ini dinamai: "Sholla wa laa nawaa, nawaa wa laa sholla" yang artinya: "Niat sholat Jum'at tapi tidak sholat Jum'at, dan tidak niat sholat dhuhur tapi sholat dhuhur"

Baca juga : Niat sholat Dhuha beserta latin dan artinya

Itulah bacaan niat sholat jum'at lengkap dengan latin dan artinya. alangkah baiknya sesudah mengerjakan sholat jum'at jangan pribadi pergi. Hendaknya membaca wirid dan dzikir terlebih dahulu dan berdoa.

Posting Komentar

0 Komentar

close